Mari Membangun Mimpi Dengan Mencontoh Sifat Orang Sukses

Mari Membangun Mimpi Dengan Mencontoh Sifat Orang Sukses karena rata-rata orang sukses memiliki karakter yang sama dalam kehidupannya. Ini bisa diperhatikan dari berbagai kegiatan dan terobosan-terobosan yang mereka ambil ketika menjalankan bisnis, jabatan dan lain sebagainya. Sehingga mereka berhasil mencapai setiap gol yang telah mereka targetkan itu.

Seperti yang telah saya singgung dalam tulisan dipostingan yang lalu mengenai Cara Membangun Mimpi Untuk Masa Depan bahwa pola pikir adalah hal yang paling utama untuk diluruskan ke arah yang positif. Nah orang-orang yang sukses bisa diperhatikan dari pola pikir yang mereka miliki rata-rata sangat positif dan selalu membangun bila disinergikan dengan orang yang ada disekitarnya.

Mari Membangun Mimpi Dengan Mencontoh Sifat Orang Sukses

Membangun mimpi untuk sebuah kesuksesan dimasa depan sangat wajib mencontoh kepada mereka yang telah berhasil menggapai kesuksesannya. Hal itu dimaksudkan agar kamu benar-benar bisa melihat mana yang akan menjadi masalah dan mana yang akan menjadi peluang dan kekuatan untuk setiap proses yang kamu lakukan menuju mimpi yang telah ditargetkan.

Setidaknya ada 5 sifat orang sukses yang harus kamu ketahui, sehingga kamu nanti bisa memasukannya kedalam imajinasi kamu membuat gambaran proses yang akan kamu lakukan.

1. Selalu punya tujuaan yang jelas

Setiap orang sukses semuanya memiliki tujuan yang jelas dari setiap hal yang dilakukannya. Ini salah satu hal mengapa ditulisan lalu saya menyebutkan bahwa, imajinasikan mimpi kita di masa depan dengan gambaran yang jelas, apa sebenarnya yang kita inginkan di masa depan?. Jangan sampai kita bermimpi, tetapi kita tidak menentukan mimpi kita itu dengan jelas, bisa jadi mimpi yang kita imajinasikan itu hanya merupakan hayalan belaka yang tidak akan pernah menjadi kenyataan.

Tentu saja dengan tujuan yang jelas kita bisa membuat game plan yang fokus dan akan mengarah kepada tujuan yang telah ditetapkan dan kita pilih dalam imajinasi kamu.

Ketika kamu memiliki sebuah bisnis, misalkan rumah makan, nah kesuksesannya itu di mana?, ini harus benar-benar di jelaskan. Apakah ingin dalam 5 tahun memiliki 5 buah rumah makan?, atau meningkakan omzet 5x lipat dari yang sudah didapatkan?.

2. Tidak mudah menyerah

Karena terbiasa bertemu dengan masalah, maka orang sukses memiliki mental yang kuat, mental yang tidak mudah menyerah, pantang menyerah apabila tujuannya belum bisa dicapai.

Berbeda dengan orang yang bermental tempe atau mental miskin, ketika memulai bisnis misalnya, baru melangkah kemudian bertemu dengan permasalahan dalam bisnisnya, dia langsung menyerah, dan dalam hatinya dia berkata, bisnis ini bukan bagianku, aku tidak akan mampu menjalankannya.

Tetapi orang sukses, setiap menemukan masalah, baik dalam bisnis, dalam jabatan atau yang lainnya, maka mereka akan langsung berupaya mencari solusi untuk bisa keluar dan bangkit dari permasalahan yang ditemui, karena bagi mereka tiada masalah yang tidak bisa diselesaikan, kecuali tidak memiliki keinginan untuk menyelesaikannya.

Inilah yang harus ditiru, ketika sedang berproses menuju mimpi kamu, masalah yang muncul ditengah-tengah proses yang sedang dijalankan, bukanlah rintangan secara hakiki tetapi bagian dari bumbu perjalanan yang harus dinikmati dan dijalani setulus hati.

3. Memiliki Mindset Positif Dan Terbuka

Mindset atau pola pikir merupakan sebuah cara dari berpikir seseorang yang akan mempengaruhi setiap perilaku dalam kehidupannya. Karena karakter dan kebiasaan setiap orang dimulai dari pikiran, kemudian menjadi tindakan, kemudian tindakan yang diulang-ulang akhirnya akan menjadi prilaku atau karakter.

Pernahkah kamu berhadapan dengan rintangan dan kamu berpikir untuk terus maju serta trus mengejar kesuksesan kamu?

Nah, Itulah yang namanya mindset positif yang sudah kamu miliki. Karena kalau kamu mengunakan mindset yang negatif, bukan kemajuan yang kamu munculkan melainkan berhenti maju dan berputus asa. Oleh karena itu, mindset positit yang sudah kamu miliki itu jangan sampai hanya dalam bentuk angan-angan belaka, tetapi harus menjadi angan yang ingin kamu wujudkan.

Yuk evaluasi diri kamu sekarang, apa yang kamu lakukan ketika kamu merasa tidak bersemangat?, berkeluh kesah dan putus asa ataukah kamu akan mengubah pola pikir kamu dengan pola yang lebih baik?, Jika kamu putus asa lalu siapa yang akan memperjuangkan impian kamu?, bisnis kamu? dan siapa pula yang akan perduli memperhatikan hidup kamu?.

Orang-orang yang sukses akan memompa kembali semangatnya dengan kembali menata pola pikirnya, sehingga mereka mendapatkan kembali semangatnya dengan kekuatan yang luar biasa. Kekuatan pola pikir orang-orang yang sukses merupkan dorongan moril bagi kesuksesan mereka.

Kesigapan dalam membangun pola pikir orang-orang yang sukses adalah hal yang harus dicontoh untuk melengkapi proses mewujudkan impian yang sengan kamu bangun itu.

Bagaiman cara menanamkan pola pikir positif dalam diri kita?..

Pola pikir positif memang harus ditanamkan dengan sengaja oleh diri kita sendiri, karena pemikiran bukan sesuatu yang muncul tiba-tiba, tetapi pikiran adalah sesuatu yang lahir dari apa yang kita lihat, kita rasa dan kita alami. Jadi untuk menanamkannya didalam diri kita sehingga menjadi karakter, maka lakukanlah kebiasaan berikut!

Selalu bersyukur atas apa yang telah kita capai

Bersyukur tidak hanya ketika mendapatkan sesuatu yang kamu inginkan, namun termasuk ketika bertemu dengan kegagalan, baik kegagalan dalam berbisnis, mencari pasangan hidup, posisi jabatan dan lain sebagainya.

Mengambil keputusan untuk menghukum diri kamu sendiri jangan sampai menjadi pilihan apalagi menyalahkan Tuhan. Namun, syukurliah kegagalan kamu dan jadikanlah kegagalan itu sebagai pemicu untuk lebih semangat dalam berproses untuk menjemput kesuksesan yang kamu impikan. Dengan sikap yang selalu bersyukur akan menjauhkan kamu dari putus asa sehingga kamu bisa berpikir lebih positif serta memiliki arah yang lebih tajam.

Mindset yang positif akan mengubah kegagalan yang kamu alami menjadi sebuah kesuksesan dimasa depan kamu.

Apalagi jika kamu berhasil meraih ipian, maka sikap syukur ini harus lebih kuat sehingga kesuksesan yang lain bisa kembali kamu wujudkan.

Biarkan hari kemarin berlalu namun pikirkanlah hari ini dan esok

Posisi hari kemarin hanyalah cermin untuk bahan memikirkan apa yang harus dilakukan hari ini agar kegagalan dihari kemarin tidak kembali terulang. Jika kamu masih memikirkan hari yang kemarin, sama saja kamu tengah menunda kesuksesan kamu sendiri. fokuslah pada hari ini!

Kenapa kamu harus memikirkan yang sudah terjadi di hari kemarin padahal hari ini jauh lebih penting untuk dipikirkan dan kamu memiliki kesempatan untuk bisa membuat karaya yang jauh lebih baik di hari ini dari pada hari kemarin?, kemudian esok hari kamu bisa lebih siap berkarya dari pada hari ini?.

Fokus memikirkan hari ini adalah untuk mendorong proses membangun mimpi kita agar lebih kuat menuju kesuksesan yang sedang kamu bangun. inilah pikiran positifnya. Tinggalkan kemarin, fokus hari ini dan persiapan untuk hari esok kemudian ambilah kesuksesan kamu.

Jadi, mari membangun mimpi dengan memikirkan proses yang terbaik untuk hari ini dan mempersiapkan langkah terbaik untuk hari esok.

Tersenyumlah dimanapun kamu berada

Para kyai telah menceritakan, bahwa Rosulullah pernah menasihati Siti Aisyah untuk selalu tersenyum kepada saurdanya, karena senyuman itu bagian dari shodakoh. Sementara shodakoh adalah penghambat dari kesialan.

Hal normatif seperti diatas adalah salah satu bahan yang bisa kamu pakai untuk menguatkan pola pikir yang positif. Ketika kamu bisa tersenyum, maka pikiran kamu akan terbuka. Disamping itu, biasa tersenyum dalam setiap suasana, akan membagi kebahagian kepada banyak orang. Jadi tersenyum memiliki pesan semangat untuk selalu berbagai kebahagiaan.

Jadi mari membangun mimpi dengan senyuman yang tulus.

Hilangkan rasa takut kamu

Betul sekali, rasa takut itu manusiwi, namun bila dibiarkan menjadi karakter kamu, rasa takut itu bisa merampas hak-hak kemanusiaan kamu sendiri. Kamu tidak mau menjadi manusia yang merugi bukan?

Pahamilah, jika kamu selalu merasa takut untuk melangkah, lalu kapan kamu akan mencapai garis finish, yaitu garis kesuksesan yang kamu inginkan? yang lebih mengerikan lagi, kamu benar-benar telah menghilangkan kesempatan karena terus dihantui oleh rasa takut.

Jadi, Hilangkanlah rasa takut itu dari diri kamu sendiri supaya mindset positif  kamu dalam memandang proses hidup yang hebat ini bisa lebih terbuka.

Akuilah kesalahan kamu

Setiap orang tidak akan luput dari kesalahan, kesalahan bukanlah penghambat mutlak yang menghentikan proses menuju kesuksesan, tetapi kesalahan akan menjadi bumbu pemanis untuk proses yang sedang kamu jalankan.

Jadikanlah kesalahan itu sebagai bagian teguran dari guru kamu yang paling hebat, yaitu pengalaman. Ketika, kamu menempatkannya begitu, maka otomatis ada evaluasi yang akan memperbaiki tindakan kamu selanjutnya, sehingga langkahmu akan lebih baik dan lebih hati2.

Jadi, akuilah kesalahan kamu dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab untuk memperbaikinya. Dan inilah sikap orang sukses ketika dia melakukan kesalahan.

Berpikirlah karena pikiran itulah pemenang. Mindset positif harus dikembangkan untuk memenangkan kehidupan kamu yang sebenarnya. Kemudian lakukanlah yang terbaik, jangan setengah-setengah bila ide itu kamu jalankan, karena kamu akan mendapatkan nilai lebih dari apa yang sekedar kamu pikirkan.

Jika anda ingin mengembangkan mindset positif, berpikirlah anda akan memenagkan kehidupan anda. Lakukan yaterbaik untuk anda dan pasti anda akan mendapatkan nilai lebih dari apa yang anda pikirkan.

4. Tidak berada di zona Nyaman

Orang-orang yang sukses sama-sama memiliki karakter pemberani dan selalu siap dengan berbagai tantangan dan mereka benar-benar telah melepaskan dirinya dari Zona Nyaman.

Apakah kamu sudah pernah mengenal istilah zona nyaman? sudah pahamkah? bila jawaban kamu tidak, maka penjelasan ini penting untuk dibaca dan diikuti dengan sangat fokus. Apalagi bila ternyata saat ini kamu sedang berada di fase stagnan dengan keadaan hidup yang gitu-gitu aja tidak ada perkembangan.

Jadi, niatkan dalam hati kamu untuk segera lepas dari zona nyaman!

Zona Nyaman adalah salah satu bagian dari masalah yang dikaji untuk mengetahui psikologi dasar manusia.
Zona Nyaman adalah sebuah keadaan dimana seseorang merasa terbiasa dan nyaman karena mampu mengontrol lingkungannya. Dalam keadaan ini, orang tersebut jarang merasa gelisah dan jarang mengalami tekanan yang mengakibatkan stress. Alasdair A. K. White
Oleh karena itulah apapun yang membuat kamu merasa nyaman dan tidak mengambil keputusan untuk segera beranjak pergi karena takut akan terjadi sesuatu jika kamu meninggalkannya, maka itulah Zona Nyaman kamu.

Pengertian paling sederhana dari zona nyaman ini adalah tidak mau mencoba hal baru karena takut salah, takut keliru dan lain sebagainya.

Misalnya ketika ingin memulai usaha atau bisnis yang baru, dibenaknya langsung tergambar berbagai persoalan dan permasalahan yang bisa membuatnya gagal, tergambar pula derita yang akan ditanggung dari kegagalan itu. Akhirnya dia berhenti sebelum memulai.

Contoh lain ketika ingin menentukan calon pasangan hidup, baru memulai kemudian mendapati masalah sang calon yang di bidik tidak memberikan respon, langsung tergambar dibenaknya kegagalan yang memalukan akan dia alami. Akhirnya dia memutuskan untuk berhenti mengejar. maka sampai kapanpun orang seperti ini tidak akan menemukan pasangan hidupnya.

Bahkan kesehatan yang menjadi sasaran dari yang ingin disukseskan, tidak akan terwujud bila seseorang masih betah berada dizona nyaman ini. Diet misalkan, karena proses detoksifikasi dalam program diet menuntutnya untuk meninggalkan kebiasaan atau pola makan yang selama ini dia lakukan, maka dijamin orang ini tidak akan melanjutkan program dietnya, karena dia sudah nyaman dan tidak mau meninggalkan kebiasaan makannya.

Kamu akan terus terjebak di zona nyaman dan tidak akan pernah bisa berkembang, bila kamu selalu menghindar dari setiap peluang dengan berbagai alasan dan kehawatiran. Ambilah peluangmu dan jangan memikirkan dampak dari kegagalannya.

Setelah membaca penjelasan singkat ini, apakah kamu paham? apakah kamu sudah mendapat jawaban sejak kapan kamu berada dizona nyaman? apakah kamu sudah siap keluar dari zona nyaman sekarang juga?.... Semangatlah demi mewujudkan mimpi yang kamu bangun itu.

Stop, tunggu dulu dan jangan buru-buru untuk keluar dari zona aman kamu, karena untuk melepaskan itu, kamu harus memperbaiki mindset kamu lebih positif. Baca kembali pembahasan mindset positif diatas secara berulang sehingga kamu paham, setelah itu keluarlah dari zona nyaman kamu.

Adakah kegiatan yang bisa dijadikan latihan untuk bisa keluar dari zona nyaman???.. hmmm pertanyaan menarik!

Baiklah, kamu sering melihat, setidaknya dari berbagai media sosial baik online maupun ofline, bahwa kebiasan orang eropa adalah melakukan perjalanan ketempat-tempat yang jauh yang belum pernah mereka kunjungi. Tahu alasannya kenapa?

Ternyata kebiasaan traveling mereka itu adalah salah satu cara yang mereka tempuh agar mereka tidak berada dizona nyaman. Karena, mereka bisa menemukan suasana baru, orang baru, bangunan baru, warna baru, budaya baru dan segala hal yang baru. Dan kebiasaan itu akan membuata mereka tidak mampu bertahan lama di zona nyaman.

Hebat bukan?....

Saya tidak menyarankan kamu untuk jalan-jalan ke luar negeri, kecuali kamu mempunyai banyak uang. hehe

Lakukanlah jalan-jalan ke tempat yang tidak pernah kamu kunjungi sebelumnya atau yang jarang kamu kunjungi, setidaknya satu kali dalam seminggu. Hal itu akan sediki-sedikit melatih kamu memiliki kemampuan untuk bisa keluar dari zona nyaman kamu.
Baca Juga : Bertanilah Jika Kamu Ingin Kaya

5. Memiliki Mentor Dan Lingkungan Yang Positif

Jika sekarang ini kamu sedang memulai bisnis atau sedang dalam tahap berpikir untuk membangun sebuah bisnis, maka saya mengucapkan; selamat! Karena kamu mulai berproses dan keluar dari zona nyaman kamu.

Memulai bisnis sangant membutuhkan keberanian karena banyak resiko yang harus di ambil dengan penuh keberanian. Kemudian sangat penting dipahami, bahwa keberanian saja belum cukup sebagai modal kamu untuk mengambil tindakan, disini kamu perlu pendamping yang bisa mengarahkan kamu mengenai strategi, teknik dan berbagai hal yang bisa menyukseskan bisnis kamu kedepannya.

Mungkin saat ini dibenak kamu ada pertanyaan "bagaimanakah caranya mendapatkan mentor?"

Mendapatkan mentor itu bukan sesuatu yang sulit, tetapi ada hal penting yang harus mulai kamu lakukan yaitu; silaturahmi dengan banyak orang dan belajarlah menjadi pribadi yang pandai berkomunikasi dengan semua orang. Ketika kamu menemukan orang yang kamu anggap bisa dijadikan mentor, maka jelaskanlah segala sesuatu mengenai bisnis kamu yang sedang kamu jalankan, sehingga kamu bisa mendapatkan arahan darinya, bahkan selama kamu menjalankan bisnis kamu nantinya.
Memperbanyak silaturrahmi sama dengan memperbanyak rezeki
Silaturrahmi, berarti memperluas jaringan atau sering diistilahkan dengan nerworking. Dimana dalam prosesnya kamu akan banyak bertemu dengan beragam karakter orang yang akan membawa kamu mamahami banyak orang lewat keinginan dan harapan mereka. Dan itulah sumber ide dan gagasan bisnis yang sangat subur untuk menajamkan skil bisnis kamu nantinya.

Itulah sekelumit penjelasan mengenai cara membangun mimpi dengan mencotoh sipat orang sukses yang saya dapatkan setelah saya sadar bahwa perubahan itu perlu penegasan dari dalam diri sendiri dan dorongan dari luar pribadi kita.

Pernahkan kamu melihat atau memperhatikan banyak orang yang berbondong-bondong mengikuti seminar? Tahukah kamu mengapa mereka melakukan itu?

Apa sebenarnya yang sedang mereka kejar?... Kita bahasa dalam postingan berikutnya saja yaa...!
Intinya mari membangun mimpi dengan mencontoh sifat orang sukses. terimakasih dan salam sukses dan selamat berproses!!!

Belum ada Komentar untuk "Mari Membangun Mimpi Dengan Mencontoh Sifat Orang Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel