Mari Membangun Mimpi Untuk Sukses Dalam Berbisnis

Mari Membangun Mimpi Untuk Sukses Dalam Berbisnis - Berbisnis adalah upaya kita untuk memiliki kegiatan usaha yang didalamnya memiliki makna mendalam mengenai harapan yang ingin kita dimasa depan.

Semua orang sudah sangat paham bisnis berarti sebuah usaha untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dan sebanyak-banyaknya. Namun bila berbisnis tidak memiliki makna, maka sejauh apapun, sebesar apapun keuntungan dari bisnis, tidak akan pernah menjadi kebahagian yang hakiki, karena pelaku bisnis selamanya akan selalu berada dalam imajinasi yang membuatnya terus harus bergerak, dan tidak akan pernah berakhir dalam kepuasan.

Supaya kita benar-benar menjadi manudia yang beruntuk, maka kita harus memiliki bisnis yang mandiri, namun lakukanlah bisnis itu dengani berbisnis yang memiliki makna mendalam mengenai kehidupan di masa depan.
Baca Juga : Merasa Kebingungan Memulai Bisnis
Saya pernah menulis dipostingan yang lalu bahwa untuk menggapai masa depan itu harus dibarengi dengan mindset yang jelas dan positif. Begitu juga dalam menjalankan sebuah bisnis ketika kita berbisnis, maka utamakan mindset positif mendominasi pemikiran kita. Karena dominasi pemikiran yang positif akan membawa seseorang bisa berfikir tajam dan dewasa dalam mengambil sikap dan keputusan untuk berbagai persoalan yang menrejang.

Mari Membangun Mimpi Untuk Sukses Dalam Berbisnis

Apa yang harus dilakukan agar mental bisnis kita bisa berkembang dan semakin dewasa? Berikut ini saya sampaikan disini beberapa motivasi bisnis yang ditayang kan dicermati.com!

1. Yakinkan dirimu

Mulailah untuk lebih memantapkan hati sebelum memutuskan pilihanmu. Apabila masih setengah hati saat mulai membangun usaha, Anda akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih sukses, usaha yang Anda bangun justru berhenti di tengah jalan.

2. Persiapkan model bisnis yang akan dijalankan

Jika hati sudah mantap, cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan Anda jalankan nanti. Anda bisa mulai mencari tahu informasi tren bisnis yang sedang berkembang.

3. Berpikir “Out of The Box”

Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa berpikir kreatif. Bisnis transportasi online misalnya, ia melihat peluang bagaimana bisnis ini nantinya menjadi solusi masyarakat urban. Nah, jadi biasakan untuk mengasah kemampuan berpikir menjadi lebih kreatif ya.

4. Siapkan “Visi dan Misi” yang jelas

Hal terpenting saat akan memulai usaha adalah membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan inovasi bisnis di dalamnya, jangan lupa sertakan “Visi dan Misi” yang jelas usaha yang tengah Anda rintis.

5. Organisir diri

Mulailah dengan membiasakan diri lebih terorganisir. Hal ini sangat penting sebagai modal diri dalam mengatur usaha Anda. Sederhananya, jika Anda tak bisa mengorganisir diri, bagaimana Anda akan mengorganisir semua elemen bisnis Anda?

6. Rajin membuat catatan

Catat semua hal penting yang Anda dapat. Mulai dari nasihat orang lain, hingga tantangan-tantangan yang Anda hadapi saat mengelola usaha Anda. Dengan harapan, bila waktunya tiba, Anda tak hanya mewariskan sebuah perusahaan melainkan juga pengalaman Anda.

7. Fokus pada satu bisnis dulu

Jangan terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua. Pastikan bisnis yang Anda kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya.

8. Siap menghadapi kemungkinan terburuk

Nyali memang diperlukan untuk benar-benar terun menjadi pebisnis. Namun, itu saja tidak cukup, analisa dan siapkan diri Anda pada kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

9. Terbuka terhadap setiap evaluasi

Salah satu rahasia kesuksesan adalah “proses belajar”. Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain. Cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan diri pada saat berbisnis.

10. Terus belajar dan jangan cepat puas

Setiap perjalanan bisnis pasti ada “naik dan turun”. Saat bisnis yang Anda kelola sedang di atas angin, jangan cepat puas. Gunakan momentum ini untuk semakin mengakselerasi bisnis. Begitupun pada saat bisnis Anda sedang lesu, jangan lantas putus asa. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha senior.

11. Jalankan bisnis yang Anda sukai

Menjalani sesuatu sesuai dengan passion akan membuat sesorang lebih rileks, bahkan saat sedang diterjang situasi sulit sekalipun. Hal ini juga berlaku di dalam dunia bisnis. Dengan begitu, Anda dijamin tak akan kesulitan dalam mempertahankan komitmen.

12. Jalankan bisnis yang Anda kuasai

Bicara bisnis tentu bicara keuntungan. Ada kalanya hal yang Anda sukai kurang menguntungkan, baiknya Anda kesampingkan dulu hal yang Anda sukai dan fokus kepada yang Anda kuasai. Pahami potensi Anda, lalu terapkan ke dalam fokus bisnis Anda.

13. Siapkan modal usaha

Sekarang kita bahas faktor eksternal dalam memulai usaha. Pertama-tama soal modal. Pastikan apakah modal dalam bisnis Anda berasal dari dana pribadi atau dari hasil patungan. Bila dari hasil patungan, pastikan semuanya diatur secara jelas, hitam di atas putih. Agar nantinya tak ada yang merasa dirugikan saat bagi hasil.

14. Lihat peluang bisnis

Sedikit bocoran, sejak beberapa tahun terakhir ini, Pemerintah Indonesia sedang menaruh perhatian besar di sektor perdagangan digital. Nah hal ini adalah contoh peluang bisnis yang dapat Anda manfaatkan. Anda bisa mulai berdagang secara online, atau bahkan mendirikan perusahaan startup berbasis digital.

15. Tentukan target pasar

Seorang calon pengusaha yang sukses haruslah pandai menganalisa target pasar. Meski ia memiliki produk dengan kualitas terbaik, namun, jika ia tidak memiliki pasar yang tepat, maka penjualan produk yang dilakukan akan mengalami kesulitan.

16. Persiapkan operasional

Pastikan semua kebutuhan bisnis Anda dapat dipenuhi oleh alat atau mesin penunjang operasional. Anda bisa mempersiapkannya dengan cara membeli atau menyewa. Tergantung dangan besarnya modal yang sudah ada.

17. Pilih SDM yang tepat

Sumber daya manusia adalah salah faktor krusial apakah bisnis Anda dapat bertahan atau tidak. Sebab tak mungkin Anda mengelola semuanya sendirian. Pastikan SDM yang Anda pekerjakan mendatangkan manfaat alih-alih mudarat.

18. Pahami kompetisi

Dunia bisnis adalah dunia yang sarat akan kompetisi. Untuk memenangkan persaingan, cara terbaik adalah mempelajari dan belajar dari pesaing Anda. Jangan malu mengakui keunggulan pesaing Anda, tetapi juga jangan mau kalah. Belajarlah dari keunggulan pesaing Anda, sikapi dengan positif dan cari cara bagaimana Anda bisa menjadi lebih unggul.

19. Mental baja

Satu kali pasti bisnis Anda akan mengalami penurunan, bahkan tidak jarang yang mengalami kebangkrutan. Jika dihadapkan pada kondisi ini, jangan memutuskan untuk berhenti. Sebab apa yang sudah dimulai sayang jika tak diselesaikan. Semua yang Anda butuhkan sudah ada di genggaman, pengalaman. Jadikan pengalaman sebagai modal berharga agar nantinya sukses bisa Anda raih.

20. Action

Hal terpenting dari membangun bisnis adalah “memulai”. Memang tidak gampang, tapi langkah pertama sangat diperlukan. Sukses bukan jatuh dari langit, ia tidak datang sendiri. Sukses didapat lewat perjalanan dan usaha tak kenal lelah. Jadi mulai pijakkan langkah pertama Anda menuju kesuksesan.

Mungkin dari 20 sikap ini sebagiannya sudah ada pada diri kamu, sekarang tinggal ukur diri kamu sendri, apa saja yang belum ada atau masih bias didalam diri kamu. Setealh kamu mengetahuinya maka sebaiknya segera ambil keputusan untuk memperbaiki apa yang masih kurang.

Dengan memperbaiki segala kekurangan didalam diri kita, maka akan membuat kita semakin dewasa dan semakin siap menjalankan proses untuk menggapai impian kita dengan jalan mulai berbisnis. Berbisnis yang memiliki makna mendalam yang tidak melulu memikirkan keuntungan belaka, tetapi memikirkan apa yang bisa bertahan dan selalu terbawa disepanjang kehidupan kita.

Mau belajar bisnis online? jika iya maka saya rekomendasikan untuk bergabung di sb1m?
Apakah untuk bergabung di sb1m harus membayar?

  1. Tidak, bila kamu bergabung ke free member sb1m. namun, kamu akan mendapatkan pelajaran mengenai tehnik mendasar mengenai dunia internet. seperti cara membuat website, cara memasarkan produk, email marketing dan lain-lain. Pembelajarannya lewat video tutorial yang akan kamu dapatkan selama satu tahun gratis melalui email 3 hari/1x dengan bertahap dari yang paling dasar 
  2. Berbayar bila kamu bergabung di basic member atau premium member. Ini bila kamu ingin serius, atau ingin langsung praktek berjualan online, baik produk kamu sendiri atau produk yang sudah ada di sb1m. Di premium atau basic member kamu akan diajarakan berbagai hal dan langsung praktek.
Bagai mana cara daftarnya? Untuk daftar dan bergabung di sb1m sangat mudah ;
  1. Untuk gabung di free member silahkan kamu isi form pendaftaran free member sb1m
  2. Untuk Basic atau premium member, silahkan mengisi form pendaftaran premium member sb1m
Mulai sekarang yuk kita bangun semangat kita dan Mari Membangun Mimpi Untuk Sukses Dalam Berbisnis dengan mempraktekan dan mengembangkan sikap dari 20 sikap diatas.

Semangat berproses, hentikan keluhan, mainkan imajinasi, positifkan pola pikir dan libatkan tuhan dalam segala ikhtiar kita serta jangan lupa untuk selalu bersedekah dengan membantu saudar dan sahabat kita yang membutuhkan. 

salam.

Belum ada Komentar untuk "Mari Membangun Mimpi Untuk Sukses Dalam Berbisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel